SAFITRI, MIATI MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO. 198/1 PASAR BARU. JURNAL MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO. 198/1 PASAR BARU.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Miati. 2018. “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN No. 198/1 Pasar Baru”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si dan Pembimbing (II) Muhammad Sofwan, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Kreativitas Belajar Siswa, Model Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS kelas V SDN NO. 198/1 Pasar Baru. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan di kelas V SDN NO. 198/1 Pasar Baru peneliti memperoleh data dari 29 siswa yang ada di dalam kelas tersebut terlihat hanya 48% kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPS. Sehingga dapat diketahui bahwa kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih sangat rendah, terlihat dari proses pembelajaran berlangsung siswa kurang menyimak penjelasan dari guru, siswa tidak tekun saat belajar, siswa tidak percaya diri menyampaikan pendapatnya di depan kelas dan ketika siswa diminta guru untuk merangkum hasil pembelajaran dengan catatan kecil siswa tersebut hanya mencatat dengan membuat peta konsep saja. Padahal materi pembelajaran IPS lebih banyak mengingat, hal ini membuktikan bahwa kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPS berlangsung dengan menggunakan lembar observasi siswa dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan mencapai kriteri keberhasilan penelitian. Peningkatan pada siklus I sebesar 59% berkategori “cukup kreatif” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78% berkategori “kreatif”. Peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dengan mencapai kategori “baik” dengan kriteria keberhasilan kelas 65. Dengan demikian model pembelajaran Mind Mapping dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MIATI SAFITRI |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |