PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 3 KOTA SUNGAI PENUH

Kartika, Anggil Zurma (2023) PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 3 KOTA SUNGAI PENUH. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (172kB)
[img] Text
Pengesahan dan Persetujuan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kartika, Anggil Zurma. 2022. Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sma Negeri 3 Kota Sungai Penuh: Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si, (II) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd Kata Kunci: Penanaman Karakter Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler Pramuka Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman karakter tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yang membagi empat langkah teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti bermula dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian dan yang terakhir tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan penanaman karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh belum cukup baik, terlihat dari masih terdapat anggota pramuka yang belum sepenuhnya bertanggung jawab. Penanaman karakter tanggung jawab oleh pembina pramuka dilakukan dengan memberi nasehat, keteladanan, pemberian reward dan hukuman. Namun anggota pramuka belum mampu menerapkan dengan baik, meskipun bukan seluruh anggota pramuka. Menurut pernyataan dari pembinan Pramuka pak Andrianto S.Pd ada beberapa siswa yang sulit diatur, susah mengkondisikan dan mengkontrol peserta didik yang memang sulit diatur, tak hanya dikegiatan pramuka namun juga saat kegiatan belajar mengajar dikelas. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pembina pramuka yang ada di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh diharapkan untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan berbagai macam metode yang bisa digunakan dalam kegiatan kepramukaan, terutama dalam menerapakan pendidikan karakter tanggung jawab. Dan untuk pihak sekolah harus dapat mempertahankan dukungan dan lebih meningkatkan lagi keberlangsungan organisasi pramuka di sekolah, seperti memperbanyak buku-buku tentang kepramukaan dan peralatan-peralatan atau kelengkapan pramuka. Agar pramuka di SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh menjadi organisasi pramuka unggulan ditingkat SMA seprovinsi Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kartika
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:53
Last Modified: 06 Jan 2023 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43665

Actions (login required)

View Item View Item