Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 3 Muaro Jambi

Edy, Edy and Mukminin, Amirul and Yanto, Yanto (2023) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 3 Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Kover EDY.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Abstrak EDY.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Pengesahan EDY.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Bab 1 EDY.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Bab 5 EDY.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka EDY.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Full TESIS EDY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 3 Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dapat diklasifikasikan sebagai penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan kepala sekolah, dirumah dengan berbagai responden, pada suatu seminar, diskusi dijalan dan lain-lain dari berbagai sumber dan berbagai cara. Penentuan informan ditentukan peneliti menggunakan metode purposive. Semua data pada penelitian ini didapatkan dari narasumber (Informan), dokumen dan arsip. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview dan metode dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yang harus dikerjakan dalam menganalisis data penelitian kualitatif, yaitu (1) reduksi data (data reduction); (2) paparan data (data display); dan (3) penarikan kesimpulan dan varifikasi (conclusin drawing verirying). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah SMAN 3 Muaro Jambi dalam meningatkan kinerja guru benar-benar dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dengan adanya program dari Kepala Sekolah yang benar-benar dilaksanakan dan terealisasi kepada guru-guru di sekolah. 2) Faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu: Adanya hubungan baik dan harmonis antara kepala sekolah dengan guru, tersedianya sarana dan prasarana, adanya guru-guru yang kompeten, dan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola sekolah 3) Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah yaitu masih ada beberapa guru yang belum percaya diri, manajemen waktu dari guru yang belum terorganisir dengan baik, adanya kecemburuan diantara para guru-guru, adanya jarak antara guru senior dan guru junior, dan Kepala Sekolah masih segan untuk memerintahkan langsung kepada guru. 4) Upaya untuk mengatasi hambatan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru mengacu pada jenis kepemimpinan transaksional yaitu kepala sekolah melakukan pengawasan, memberikan penghargaan dan juga kepala sekolah memberikan sanksi kepada para guru-guru.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: EDY
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:21
Last Modified: 05 Jan 2023 08:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43666

Actions (login required)

View Item View Item