MARPU’AH, MARPU’AH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (395kB) |
Abstract
ABSTRAK Marpu’ah. 2018. Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Maryono, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci: keterampilan mengemukakan pendapat, model pembelajaran talking stick. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan mengemukakan pendapat siswa di kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri dan keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa melalui model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan mengetahui keterampilan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan menerapkan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/I Muara Bulian pada November dan Desember 2017. Data penelitian diperoleh dengan cara menganalisis data lembar observasi dan lembar tes keterampilan mengemukakan pendapat peserta didik (sebagai data utama) dan wawancara dengan peserta didik pada observasi awal serta dokumentasi (sebagai data penunjang). Data lembar observasi dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti dan guru kelas setelah melakukan siklus pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran talking stick adalah keterampilan mengemukakan pendapat peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,81% dari kondisi awal 55,64% menjadi 64,45%. Selanjutnya pada siklus II persentase keberhasilan tindakan meningkat dari siklus sebelumnya sebesar 9,33% dari persentase siklus I 64,45% menjadi 73,78%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat peserta didik kelas V.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MARFU`AH |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |