UJI VALIDITAS ISI MODUL PEMBELAJARAN GURU BERBASIS INTERAKSI EDUKATIF GUNA MEMBANGUN PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR

Simamora, Noprianti (2022) UJI VALIDITAS ISI MODUL PEMBELAJARAN GURU BERBASIS INTERAKSI EDUKATIF GUNA MEMBANGUN PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL NOPRIANTI SIMAMORA (G1C118045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HAL PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

LATAR BELAKANG Kekuatan utama dalam pendidikan adalah interaksi yang terjadi antar pihak. Kedua pihak yaitu pendidik dan siswa berproses dalam kegiatan pembelajaran yang merupakan aktivitas interaksi antara guru dan siswa. Interaksi edukatif merupakan Interaksi dalam proses pembelajaran yang menggambarkan hubungan yang saling terbuka antara tenaga pendidik dan peserta didik yang ditunjukkan dengan interaksi dalam hubungan yang bersifat mendidik. Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul pembelajaran interaksi edukatif yang membantu guru dalam memahami interaksi edukatif serta membangun pembelajaran merdeka belajar di kelas. TUJUAN Mengetahui uji validitas isi Modul pembelajaran guru berbasis interaksi edukatif guna membangun pembelajaran merdeka belajar. METODE Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken's V sebagai teknik analisis, dimana modul dinilai oleh tiga validator dengan latar belakang yang berbeda. HASIL Modul pembelajaran guru berbasis interaksi edukatif adalah modul yang valid, keseluruhan per-topik menunjukkan rentang skor V dari angka 0,75-0,83 dengan kategori tinggi sampai dengan dengan sangat tinggi. Validator memberikan saran perbaikan untuk memperbaiki modul dan modul diperbaiki dengan saran dari para validator. KESIMPULAN Modul pembelajaran guru berbasis interaksi edukatif dapat disimpulkan sebagai modul yang valid. Kata kunci: Uji validitas isi, modul, interaksi edukatif, guru, merdeka belajar BACKGROUND The leading force in education is the interaction that occurs between parties. The two parties, educators, educators and students, process learning activities which are  interactive activities between teachers and students. Educational interaction is an interaction in the learning process that describes the mutually open relationship between educators and students, shown by interaction in academic associations. This is the reason behind the preparation of academic interaction learning modules that help teachers understand educational interactions and build independent learning in the classroom. OBJECTIVES Knowing the validity test of the contents of educational interaction-based teacher learning modules to build independent learning. METHODS This research is a quantitative study with a type of module content validity test that uses Aiken's V as an analytical technique, where three validators assess the module with different backgrounds.. RESULTS The educational interaction-based teacher learning module is valid, the whole per-topic shows a range of V scores from 0.75-0.83 with high to very high categories. Validators provide suggestions for improvements to improve modules, and modules are enhanced with recommendations from validators. CONCLUSION The educational interaction-based teacher learning module can be summed up as a valid module. Keywords: Content validity test, modules, educational interactions, teachers, independent learning

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uji validitas isi, modul, interaksi edukatif, guru, merdeka belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Simamora
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:57
Last Modified: 06 Jan 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43686

Actions (login required)

View Item View Item