Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar

Latifah, Niniek Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Latifah, Niniek. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, budaya lokal Bahan ajar adalah bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Bahan ajar memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Karakteristik peserta didik sekolah dasar menyukai pembelajaran yang dekat dengan lingkungan yang ada disekitarnya sehingga proses pembelajaran akan menjadi bermakna bagi peserta didik. Perlu adanya bahan ajar pendukung berbasis budaya lokal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga membuat pembelajaran yang berlangsung menjadi bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis budaya lokal subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN No 13/I Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Kepraktisan bahan ajar diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik serta keefektifan bahan ajar diperoleh dari hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan oleh validator materi yaitu 3,4 dengan kategori Valid, validator media yaitu 3,57 dengan kategori Sangat Valid, dan validator bahasa yaitu 3,67 dengan kategori Sangat Valid, kepraktisan bahan ajar dari respon guru diperoleh nilai 68 dengan kategori Sangat Praktis, respon peserta didik dengan persentase 89,5% kategori Sangat Praktis dan keefektifan bahan ajar dinyatakan efektif dengan rata-rata nilai akhir peserta didik 80. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal subtema indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV sekolah dasar termasuk dalam kategori sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NINIEK LATIFAH
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:44
Last Modified: 04 Jun 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item