Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian

Purnama sari, Yulia Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian. JURNAL Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (668kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Yulia Purnama. 2018. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd dan (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan latarbelakang masalah, Masalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, terjadi di kelas V C SD Negeri 80/I Muara Bulian setelah melakukan observasi dan kolaborasi dengan guru kelas. Berdasarkan penjelasan guru kelas, Siswa masih bingung ketika diberi soal tetapi siswa tidak bisa mengerjakan karena siswa tidak paham konsep matematika yang diajarkan. Siswa tidak ada yang bertanya kepada guru ketika siswa belum memahami materi yang diajarkan. Sehingga pada saat guru memberi soal latihan banyak siswa yang kesulitan mengerjakan dan nilai hasil belajar siswapun rendah yang mengindikasikan bahwa pemahaman konsep Matematika siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas tentang Bagaimana penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas V C SD Negeri 80/I Muara Bulian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I mengenai hasil observasi pemahaman konsep Matematika yaitu sebesar 46,81% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,28%. Hasil evaluasi tes tertulis dengan ketuntasan klasikal 65,21% pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,60%. Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti lain hendaknya lebih kritis dalam menghadapi masalah yang muncul dalam dunia pendidikan, khususnya dalam masalah pembelajaran sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam memberikan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan RME. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman konsep Matematika di kelas V C SDN No. 80/I Muara Bulian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIA PURNAMA SARI
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:44
Last Modified: 04 Jun 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item