Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023

Dwi Cahyati, Aprilia (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

[img] Text
skripsi Aprilia fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
KATA PENGANTA1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK Cahyati, Aprilia Dwi 2022 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irwan, M. Pd dan (II) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, Game Monopoli, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA N 11 Tebo. Hasil observasi awal terlihat bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten TebopadamatapelajaranPKn masih tergolong rendah yaitu sebesar 49%. Selain itu, dari hasil ujian semester, siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM adalah sebanyak 33 siswa yaitu sebesar 64,71%. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah sebanyak 18 siswa yaitu sebesar 35,29%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran game monopoli terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggisiswa pada mata pelajaran PKn kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah True Eksperiment. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tebo yang berjumlah 51 orang siswa, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas ksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa soal posttest. Berdasarkan hasil analisis data posttest dengan menggunakan bantuan Software SPSS versi 25 for windowsdiperoleh nilai thitung> ttabel dalam setiap kelasnya, yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 2,326 > 1,677 dan kelas kontrol sebesar 2,330 > 1,677. Sedangkan untuk nilai sig (2-tailed) kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah sebesar 0,02< 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah “Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran game monopoli terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI IPA di SMA N 11 kabupaten Tebo tahun pelajaran 2022/2023”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: CAHYATI
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:30
Last Modified: 06 Jan 2023 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43711

Actions (login required)

View Item View Item