LASMIATI, LINDA (2022) Penerapan Teknik Role Play untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Kleas VIII melalui Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 01 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_LINDA LASMIATI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
surat pengesahan dan pernyataan.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
Abstract
Abtrak Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang tidak berguna, seperti menunda dalam mengerjakan atau mengumpulkan tugas sekolah. Berdasarkan fenomena yang ditemukan dilapangan masih banyak siswa yang mengalami prokrastinasi akademik seperti menunda mengerjakan tugas, mengulur waktu, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa melalui teknik role play dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mereduksi prokrastinasi akademik siswa dengan menggunakan teknik Role Play yang diberikan kepada 8 siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Kota Jambi. Prokrastinasi akademik siswa merupakan tindakan sia-sia menunda tugas sampai menimbulkan ketidaknyamanan dalam diri individu. Teknik role play merupakan bermain peran, peserta didik mencoba mengeksplorasi hubungan antar manusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Kota Jambi dengan inisial DAW, OTA,RHJ, BFN, RR, GWP, KPS dan FA. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus 6 kali tindakan yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Untuk melihat proses dari siklus yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data menggunakan observasi dan didukung oleh kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik role play dapat mereduksi atau mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ketiga memiliki hasil terbaik yaitu kriteria keberhasilan meningkat mencapai 89% dengan ketepatan pelaksanaan teknik yang dilakukan peneliti berdasarkan penilaian kolabolator sebesar 98,8% dan rata-rata keaktifan siswa dalam proses penerapan teknik mencapai 2,96 dimana mendekati sempurna yaitu 3. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi bimbingan dan konseling untuk mengembangkan ilmu dalam membantu siswa mereduksi prokrastinasi akademik. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik Siswa, Role Play
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik Siswa, Role Play |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Lasmiyati |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 07:12 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |