Atika Putri,, Dhara Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 198/I Pasar Baru. JURNAL Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 198/I Pasar Baru.
Text
ARTIKEL ILMIAH DHARA.pdf Download (579kB) |
Abstract
ABSTRAK Atika Putri, Dhara. 2018. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 198/I Pasar Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si; Pembimbing II Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa dan Model Make A Match Keaktifan belajar merupakan sebuah respon yang ditunjukkan oleh siswa kepada guru pada saat pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sering dijumpai adanya siswa yang kurang aktif, hal ini ditunjukan dengan timbulnya rasa bosan dan malas dari siswa, tidak memperhatikan penjelasan guru, kurangnya kemauan siswa untuk mengajukan pertanyaan kepada guru sehubungan dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung, kurangnya diskusi dengan teman sekelas, dan hanya sebagian siswa yang aktif mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran yang dilaksanankan oleh guru harus menarik dan menimbulkan rasa ingin tau siswa, terutama dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Make A Match pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 198/I Pasar Baru. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di kelas V SDN 198/I Pasar Baru dengan wali kelas. Peneliti melihat kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran belum efektif dan tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 198/I Pasar Baru dengan jumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik dokumentasi dan teknik observasi, teknik observasi yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan keterlaksanaan RPP untuk mendukung data berdasarkan fakta yang terdapat dilapangan yaitu di SDN 198/I Pasar Baru khususnya kelas V, dengan mengobservasi kegiatan pebelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model Make A Match. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I 59,46% dan meningkat pada siklus ke dua 77,41% dengan kategori baik, sehingga hasil penelitian dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dikelas V SDN 198/I Pasar Baru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DHARA ATIKA PUTRI |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4372 |
Actions (login required)
View Item |