Gazwami, Indah Canesya (2022) RESILIENSI PADA SISWA KORBAN BULLYING DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING_Indah Canesya Gazwami(2022)..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
Perundungan atau yang sering disebut dengan Bullying menjadi kekhawatiran besar di dunia pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur kesejahteraan suatu negara, mengingat pendidikan yang baik yang baik dan tepat secara langsung akan berdampak pada kualitas dari penerus bangsa. Bullying berdampak negatif pada akademis dan kegiatan di sekolah, takut bersosialisasi, Hilang percaya diri, dan sulit berinteraksi. Kondisi tersebut mengharuskan individu memiliki resiliensiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran resiliensi pada siswa korban Bullying Metode yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Peneliti menggunakan purposive sampling. Partisipan penelitian berjumlah 3 siswa dengan karakteristik siswa mengalami Bullying, merupakan siswa yang bersekolah di Kota Jambi, berjenis kelamin perempuan/laki-laki, berusia 13-15 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). didapatkan hasil dari gambaran resiliensi siswa korban Bullying meliputi regulasi emosi, kontrol impuls, optimisme, empati, efikasi diri, reaching out dan menjalin komunikasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi I have, I am, I can, dan religiusitas. maka di simpulkan bahwa seluruh informan dalam penelitian ini menunjukkan karakteristik resiliensi dan faktor-faktornya. Kata kunci: Resiliensi, Siswa Korban Bullying, Bullying Bullying is a big concern in the world of education. Education is one of the benchmarks for the welfare of a country, considering that good and proper education will directly impact the quality of the nation's successors. Bullying has a negative impact on academics and school activities, fear of socializing, loss of confidence, and difficulty interacting. These conditions require individuals to have resilience. This research aimed to discover the conception and resilience’s factors in students who are victims of Bullying. THE METHOD used was qualitative phenomenology. The researcher used purposive sampling with the characteristics of students experiencing Bullying, namely students who attended schools in the city of Jambi, were female/male, aged 13-15 years. Data collection methods usede are interview techniques, observation, and documentation. The data analysis used was Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). RESULTS The description of the resilience of students who are victims of Bullying includes emotional regulation, impulse control, optimism, empathy, self-efficacy, reaching out and establishing communication. While the factors that influence it include I have,I am, I can, and Religiosity. CONCLUSION All informants in this study demonstrated the characteristics of resilience and its factors.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Resiliensi, Siswa Korban Bullying, Bullying |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | GAZWAMI |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 07:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |