PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DI SMK

Kamaria, Kamaria (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DI SMK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Isi Gambar, Table, Lampiran.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS KAMARIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kamaria, 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks di SMK. Tesis, Program Magister Pemdidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd.,(II) Dr. Drs. Ade Kusmana, M. Hum. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dan mengetahui peningkatan hasil menulis teks prosedur kompleks melalui pembelajaran berbasis proyek di kelas 11 SMK Negeri 1 Tanjungjabung Timur. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk dapat mencapai kompetensi dasar yang diharapkan dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks adalah pembelajaran berbasis proyek atau dikenal dengan nama Project Based Learning (PjBL). Melalui pembelajaran kerja proyek, kreativitas dan motivasi peserta didik akan meningkat. Pembelajaran berbasis proyek mengarahkan peserta didik pada prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk melalui proses produksi yang sesungguhnya. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini, ialah siswa SMK Negeri 1 Tanjungjabung Timur berjumlah tujuh belas siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif pada proses penyajian data. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang tahapannya dimulai dari perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks prosedur kompleks secara keseluruhan berlangsung dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkan keaktifan dan sikap siswa selama proses pembelajaran di kelas. Begitu juga dengan hasil menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI Agper SMK Negeri 1 Tanjungjabung Timur mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Nilai rata-rata hasil tes menulis teks prosedur kompleks pada siklus I adalah 69,77 meningkat menjadi 83,42 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI Agper SMK Negeri 1 Tanjungjabung Timur. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Menulis Teks Prosedur Kompleks.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Menulis Teks Prosedur Kompleks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: KAMARIA
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:36
Last Modified: 09 Jan 2023 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43751

Actions (login required)

View Item View Item