AZKAFILLAH, NABILA (2023) Gambaran Kesiapan Staf Pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Terhadap Interprofessional Education (IPE) Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
GAMBARAN KESIAPAN STAF PENGAJAR PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TAHUN 2022.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan, Persetujuan.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Salah satu upaya untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan bermutu diperlukannya kolaborasi yang baik dan efektif antar tenaga kesehatan melalui Interprofessional Education (IPE). Di luar negeri konsep IPE sudah diterapkan sejak lama, namun di Indonesia belum semua institusi yang menerapkan IPE kedalam kurikulum pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi terhadap pelaksanaan Interprofessional Education (IPE). Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian dekriptif dan pendekatan cross sectional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner The Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) sebagai instrument penelitian dan staf pengajar program studi kedokteran dan keperawatan FKIK UNJA sebagai responden. Hasil: Dari 41 orang responden (staf pengajar program studi kedokteran dan keperawatan), sebagian besar (95.1%) memiliki kesiapan yang baik terhadap IPE, dengan subskala kerjasama tim dan kolaborasi (100%), identitas profesional (82.9%), dan peran dan tanggung jawab(65.9%). Kesimpulan: Sebagian besar responden memiliki kesiapan yang baik terhadap Interprofessional Education (IPE), dengan subskala kesiapan tentang kerjasama tim dan kolaborasi memiliki kesiapan dalam kategori baik paling tinggi. Kata Kunci: Kesiapan, RIPLS, IPE, dosen, Interprofessional Education.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Depositing User: | Azkafillah |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |