Gambaran Kesiapan Staf Pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Terhadap Interprofessional Education (IPE) Tahun 2022

AZKAFILLAH, NABILA (2023) Gambaran Kesiapan Staf Pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Terhadap Interprofessional Education (IPE) Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
GAMBARAN KESIAPAN STAF PENGAJAR PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TAHUN 2022.pdf

Download (8MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan, Persetujuan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Salah satu upaya untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan bermutu diperlukannya kolaborasi yang baik dan efektif antar tenaga kesehatan melalui Interprofessional Education (IPE). Di luar negeri konsep IPE sudah diterapkan sejak lama, namun di Indonesia belum semua institusi yang menerapkan IPE kedalam kurikulum pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi terhadap pelaksanaan Interprofessional Education (IPE). Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian dekriptif dan pendekatan cross sectional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner The Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) sebagai instrument penelitian dan staf pengajar program studi kedokteran dan keperawatan FKIK UNJA sebagai responden. Hasil: Dari 41 orang responden (staf pengajar program studi kedokteran dan keperawatan), sebagian besar (95.1%) memiliki kesiapan yang baik terhadap IPE, dengan subskala kerjasama tim dan kolaborasi (100%), identitas profesional (82.9%), dan peran dan tanggung jawab(65.9%). Kesimpulan: Sebagian besar responden memiliki kesiapan yang baik terhadap Interprofessional Education (IPE), dengan subskala kesiapan tentang kerjasama tim dan kolaborasi memiliki kesiapan dalam kategori baik paling tinggi. Kata Kunci: Kesiapan, RIPLS, IPE, dosen, Interprofessional Education.

Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Azkafillah
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:06
Last Modified: 09 Jan 2023 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43758

Actions (login required)

View Item View Item