Ardiansyah, Muhammad (2023) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI Muhammad Ardiansyah..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
cover skripsi.pdf Download (44kB) |
|
Text
hal persetujuan dan pengesahan.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardiansyah, Muhammad : “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (2) Muhammad Sholeh, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Pecahan, Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Mata pelajaran matematika yang dipelajari di sekolah dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian besar peserta didik, baik yang tidak berkesulitan maupun peserta didik yang berkesulitan belajar. Diantaranya permasalahan yang dialami yaitu masih banyaknya siswa yang kesulitan belajar dalam memahami materi operasi hitung pecahan karena ketidakmampuan menggunakan konsep matematika secara benar khususnya di Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan kelas IV SDN 182/I hutan lindung dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Lokasi penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN 182/I Hutan Lindung pada 08 september-20 oktober 2022. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu kesulitan belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan yang dialami yaitu kurangnya pemahaman dalam konsep, kesulitan pada keterampilan matematika, serta kesulitan dalam pemecahan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap siswa serta minat siswa pada saat pembelajaran matematika, kurangnya motivasi belajar siswa, kesehatan tubuh yang tidak maksimal serta terganggunya kemampuan pengindraan siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi sarana prasarana di sekolah kurang memadai, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, dan tidak adanya media serta alat pendukung dalam pembelajaran. Didalam proses belajar matematika pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan belum maksimal. Sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Matematika, Pecahan, Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ARDIANSYAH |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 04:01 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43766 |
Actions (login required)
View Item |