IRIANI, PILA IMPLEMENTASI SEKOLAH ADIWIYATA DI SD NEGERI 34/I TERATAI. JURNAL IMPLEMENTASI SEKOLAH ADIWIYATA DI SD NEGERI 34/I TERATAI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Iriani, Pila. 2018. Implementasi Sekolah Adiwiyata di SD Negeri 34/I Teratai: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: sekolah, adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sekolah adiwiyata di SD Negeri 34/I Teratai, usaha-usaha yang dilakukan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata, faktor pendukung, faktor penghambat, dan cara mengatasi faktor penghambat. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada tanggal 15 Januari sampai dengan 28 Februari 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah adiwiyata di SD Negeri 34/I Teratai diterapkan berdasarkan 4 komponen, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mewujudkan sekolah adiwiyata yaitu membentuk tim adiwiyata sekolah, menyusun kajian lingkungan sekolah, menyusun rencana aksi lingkungan sekolah, melaksanakan kegiatan aksi lingkungan, serta evaluasi dan monitoring. Faktor pendukung dalam mewujudkan sekolah adiwiyata yaitu kekompakan guru, dedikasi guru, kemauan kepala sekolah, kemauan guru, peserta didik, kerjasama dengan komite sekolah, Sumber Daya Alam (SDA), serta biaya atau keuangan. Faktor penghambatnya adalah warga sekolah yang tidak mau bekerja sama, semua halaman sekolah ditutup dengan semen, guru yang ditunjuk tidak mengetahui tentang adiwiyata, dan banjir. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat adalah memberikan ceramah secara terus-menerus, mendatangkan narasumber, dan meminta bantuan ke dinas untuk memberikan bantuan memperbaiki 3 kelas yang terkena banjir. Dari hasil penelitian disarankan agar sekolah selalu menjaga dan merawat lingkungan sehingga semua warga sekolah tidak hanya cerdas tetapi juga tumbuh di dalam lingkungan sekolah yang sehat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PILA IRIANI |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 07:33 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4379 |
Actions (login required)
View Item |