Upaya Meningkatkan Empati Siswa dengan Teknik Psikodrama dalam Layanan Konseling Kelompok di SMP Negeri 2 Kota Jambi

Putri, Amalia (2023) Upaya Meningkatkan Empati Siswa dengan Teknik Psikodrama dalam Layanan Konseling Kelompok di SMP Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL DAN COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Empati sangat penting dalam kehidupan seseorang karena merupakan sebuah landasan dalam terciptanya interaksi dan hubungan sosial yang baik dengan individu yang lain. Fenomena lapangan yang ditemui adalah banyak siswa yang menunjukkan sikap tidak mencerminkan empati seperti acuh saat di panggil guru, tidak peduli saat mendengar intruksi guru, tidak memperdulikan teman dan lingkungannya dan saling ejek satu sama lain. wawancara yang dilakukan pada tanggal 23 April dengan guru BK didapati bahwa saat ini peserta didik kurang memiliki empati dan kepedulian dapat dilihat dari proses belajar mengajar, keseharian saat kegiatan berjemur dan kegiatan yang lain. Rata rata setiap kelas terdapat siswa yang memiliki sikap empati yang rendah dan yang paling rendah dari kelas tersebbut adalah kelas 8D Tujuan penelitian ini adalah menerapkan untuk meningkatkan empati siswa menggunakan dengan teknik psikodrama di SMPN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dengan penerapan teknik psikodrama. Subjek penelitian ini ialah siswa- siswi yang mengalami empati rendah dan sedang sebanyak 10 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah LAISEG, observasi. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 1 tindakan dan penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah Layanan konseling dengan teknik psikodrama dilakukan sebanyak 3 siklus. Siklus pertama memperoleh rata-rata proses tindakan 70% yang tergolong cukup, kemudian pada siklus kedua memperoleh hasil rata-rata tindakan 75 % yang artinya mengalami kenaikan pada tahap sebelumnya. Pada siklus ketiga di dapat rata-rata proses tindakan 80% yang sudah tergolong baik dan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan empati, hal itu terlihat dari hasil proses tindakan dan adanya pola pemahaman perilaku siswa yang baru mengenai empati. Kata Kunci : Empati, Psikodrama, Konseling Kelompok

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Empati, Psikodrama, Konseling Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Putri
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:28
Last Modified: 09 Jan 2023 08:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43834

Actions (login required)

View Item View Item