RATNASARI, YENI KETERAMPILAN GURU DALAM GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 55/1 SRIDADI. JURNAL KETERAMPILAN GURU DALAM GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 55/1 SRIDADI.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH YENI.pdf Download (427kB) |
Abstract
KETERAMPILAN GURU DALAM GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 55/1 SRIDADI Oleh: Yeni Ratnasari (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Ratnasari, Yeni. 2018. Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan pada Siswa Kelas VB SD Negeri 55/1 Sridadi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universiitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan kurikulum 2013, bahwa guru sebagai tenaga pendidik dituntut harus memiliki empat pokok kompetensi yaitu,pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Salah satunya yaitu keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan guru dalam memberi penguatan verbal pada siswa kelas VB SD Negeri 55/1 Sridadi selama kegiatan pembelajaran. Aspek yang diamati dalam memberikan penguatan yaitu cara memberikan penguatan dan prinsip yang digunakan dalam memberikan penguatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan beberapa siswa kelas VB SD Negeri 55/1 Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarian kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah menerapkan keterampilan dalam memberikan penguatan verbal dalam kegiatan pembelajaran yang mencakup penguatan berupa kata-kata dan penguatan berupa kalimat yang berbentuk pujian, penghargaan, motivasi, persetujuan, masukan, meluruskan jawaban siswa dan lain sebagainya. Guru mengacu pada prinsip-prinsip dan cara memberikan penguatan yang mencakup penguatan kepada individu tertentu, penguatan kepada kelompok, penguatan dengan segera dan variasi dalam memberikan penguatan. Selain itu guru memahami karakteristik siswa, penguatan yang diberikan tepat sasaran. Dari hasil penelitian ini disarankan guru hendaknya memiliki pengetahuan yang banyak mendalam mengenai keterampilan memberikan penguatan, guru hendaknya menghindari penggunaan respon yang negatif seperti, sindiran, maupun ungkapan ancaman, agar tidak mematahkan semangat siswa dalam belajar, dan saat menjelaskan materi pelajaran hendaknya menguasai kelas. Kata kunci : Keterampilan, Keterampilan dasar dalam mengajar, Penguatan
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YENI RATNASARI |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 02:05 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 02:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |