WIDYAWATI, KARTIKA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI KARTIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya fenomena lapangan dimana terdapat beberapa siswa di sekolah yang melanggar tata tertib berseragam, menunda tugas yang diberikan oleh guru, hingga membolos saat jam pelajaran. Sekolah Menengah Pertama merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh setelah lulus Sekolah Dasar. Pada jenjang ini siswa banyak mengalami perubahan seperti iklim belajar mengajar, tanggung jawab yang dibebankan, hingga perubahan lingkungan pergaulan yang lebih luas. Perubahan tersebut mengharuskan siswa untuk memiliki penyesuaian akademik yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian akademik adalah lingkungan teman sebaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan kualitas lingkungan teman sebaya, kualitas penyesuaian akademik, dan pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap penyesuaian akademik siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Sampel diambil menggunakan teknik sistematik dengan hasil sebanyak 74 orang siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana yang merupakan peningkatan dari koefisien determinasi dengan hipotesis penelitian terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap penyesuaian akademik siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai korelasi r = 0,239 dengan signifikansi 0,041 < 0,05. Selanjutnya, diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) = 0,057 atau 5,7%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa variabel lingkungan teman sebaya memberikan sumbangan pengaruh sebesar 5,7% terhadap variabel penyesuaian akademik, sementara 94,3% sisanya dipengaruhi oleh fakor lain. Guru BK diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian akademik siswa agar siswa mampu memenuhi tuntuan akademik dengan cara yang memuaskan. Kata kunci: lingkungan teman sebaya, penyesuaian akademik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan teman sebaya, penyesuaian akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | WIDYAWATI |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:57 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |