MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL ) PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV C SD NEGERI 55/1 SRIDADI

ASNA, YOLAN FARWIZA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL ) PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV C SD NEGERI 55/1 SRIDADI. JURNAL MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL ) PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV C SD NEGERI 55/1 SRIDADI.

[img] Text
ARTIKEL YOLAN FARWIZA ASNA (A1D114025).pdf

Download (556kB)

Abstract

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL ) PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV C SD NEGERI 55/1 SRIDADI Oleh: YOLAN FARWIZA ASNA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI MEI, 2018 ABSTRAK Asna, F, Y. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan memnggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) Pada Tema Pahlawanku Di Kelas IV C Sd Negeri 55/1 Sridadi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd, (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rendahnya aktivitas belajar siswa yang terjadi di dalam kelas saat proses pembelajaran pada siswa kelas IV C SD Negeri 55/1 Sridadi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV C SD Negeri 55/1 Sridadi, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa yang kurang menyimak guru saat menjelaskan materi di dalam proses pembelajaran, siswa agak malas untuk berfikir mencari jawaban, siswa kurang serius ketika guru melakukan eksperimen atau percobaan, tidak serius dalam menyimpulkan pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada tema pahlawanku di kelas IV C Sd Negeri 55/1 Sridadi. Metode penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) menekankan pada aktivitas–aktivitas siswa untuk menghasilkan produk dan menggunakan proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan lembar observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan rata-rata 61,87% pada siklus I dan 76,87% pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas IV C Sd Negeri 55/1 Sridadi dapat meningkatkan setelah menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL). Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Aktivitas belajar siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOLAN FARWIZA ASNA
Date Deposited: 05 Jun 2018 02:05
Last Modified: 05 Jun 2018 02:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item