KHASANAH, NUR (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS NUR KHASANAH (P2A920017).pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini yaitu peserta didik kurang tertarik dengan LKPD yang digunakan karena bahasanya kurang dipahami dan tampilannya kurang menarik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan E-LKPD berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, (2) mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis RME untuk meningkatkan pada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba perorangan yaitu dengan satu orang guru, uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 6 peserta didik dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil dan angket uji coba kelompok besar serta tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil validasi ahli materi, ahli desain dan ahli media menyatakan E-LKPD berbasis RME yang telah dikembangkan sangat baik digunakan dalam pembelajaran dengan presentase kelayakan menurut ahli materi sebesar 84,53 %, ahli desain sebesar 88,55% dan ahli media sebesar 87,50 %. Hasil persepsi peserta didik diperoleh persentase sebesar 85,67% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis SPSS didapatkan nilai Sig. (2-tailed) yakni 0.000 < 0.05 yang artinya ada pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan hasil implementasi menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis RME yang telah dikembangkan cukup efektif dengan analisis uji N-gain¬ diperoleh skor 71% dalam kategori cukup efektif.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khasanah |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:38 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |