NOZALIA, ELAEISNA (2022) UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI DISLEKSIA DI KELAS V SD NEGERI 118/IX DESA PEMATANG PULAI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI ELAEISNA.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I ELA.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB V ELA.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ELA.pdf Download (133kB) |
Abstract
Fenomena lapangan ditemukan siswa disleksia bermacam-macam mulai dari pemahaman mereka menangkap materi pelajaran yang kurang sehingga siswa tersebut lebih memilih untuk mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan guru tersebut saat menerangkan sampai ke siswa yang sama sekali tidak bisa membaca. Hal tersebut yang membuat guru wali kelas lebih sering memberikan tugas agar siswa tidak berkeliaran di dalam maupun diluar kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru dalam melakukan bimbingan belajar siswa Disleksia di kelas V SD Negeri 118/IX Desa Pematang Pulai. Pada penelitian ini akan membahas tentang Upaya guru dalam penelitian ini adalah guru wali kelas selaku guru yang memberikan bimbingan belajar di kelas V pada siswa yang mengalami disleksia. masalah yang di alami siswa disleksia di kelas V SD Negeri 118/IX Desa Pematang Pulai, penghambat guru dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa disleksia di kelas V SD Negeri 118/IX Desa Pematang Pulai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian kualitatif responden tidak digunakan melainkan di ganti dengan narasumber, atau partisipan, informan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Snowball Sampling. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas V SD Negeri 118/IX Desa Pematang Pulai. Terdapat subjek pendukung yang berjumlah 1 siswa yang mengalami kesulitan membaca (Disleksia). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa disleksia yaitu guru berupaya memberikan bimbingan belajar pada siswa disleksia dan wali kelas berupaya melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran terkait hasil belajar siswa disleksia. Siswa yang mengalami disleksia di kelas V di SD Negeri 118/IX Desa Pematang Pulai, dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu : Faktor Internal dan eksternal, Penghambat guru wali kelas menyelesaikan permasalahan yang di alami siswa disleksia dalam memberikan bimbingan belajar karena siswa disleksia cenderung melihat huruf dengan cara yang berbeda dari anak normal lainnya sehingga guru belum menemukan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa disleksia. Kata kunci : bimbingan belajar, siswa disleksia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar, siswa disleksia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | NOZALIA |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:58 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |