INSANI, RILA SUCI MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKANMEDI BIG BOOK DI KELAS V SD NEGERI 13/1 RENGAS CONDONG. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKANMEDI BIG BOOK DI KELAS V SD NEGERI 13/1 RENGAS CONDONG.
![]() |
Text
ARIKEL.pdf Download (179kB) |
Abstract
ABSTRAK Insani, Rila Suci. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Media Big Book di Kelas V SD Negeri 13/1 Rengas Condong. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Muhammad Sofwan, SPd., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir kritis, media Big Book Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kemampuan berpikir kritis di kelas V SD Negeri 13/1 Rengas Condong masih kurang dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti melihat dan menemukan masalah dalam proses pembelajaran yaitu, siswa kesulitan dalam mengenal masalah, mengemukakan pendapat dan bertanya. Selain itu, beberapa siswa malu untuk maju kedepan kelas, pasif dan tidak ada yang berani menyampaikan pendapat serta siswa lambat dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media big book di kelas V SD Negeri 13/1 Rengas Condong tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), di mana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi guru. penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Pada saat proses kegiatan pembelajaran menggunakan media big book. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi adapun yang menjadi tolak ukur untuk tes adalah indikator berpkir kritis sedangkan tolak ukur untuk lembar observasi adalah ciri-ciri berpiki kritis dengan menggunakan media big book. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media big book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 13/1 Rengas Condong. Berdasarkan lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil lembar observasi persentase siklus I sebesar 61,4% dengan kategori cukup baik, pada siklus II sebesar 77% dengan kategori baik, sedangkan presentase hasil tes siklus I sebesar 45,5% , pada siklus II meningkat sebesar 81%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan big book di SD Negeri 13/1 Rengas Condong dapat meningkat setelah diterapkan penggunaan media big book. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/1 Rengas Condong pada Februari 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan tes (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). setelah data dikumpulkan melalui observasi dan tes, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus presentase.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RILA SUCI INSANI |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 03:15 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |