MAWARIDA SEMBIRING, DUDU (2023) KARAKTERISTIK TEKS DALAM BUKU BAHASA INDONESIA PEGANGAN SISWA SMA KELAS XI TAHUN 2017. S2 thesis, UNPAS.
![]() |
Text
TESIS PASCA cetak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
cover dudu pdf s2.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
pengesahan dudu s2.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK s2.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB I UPLOAD S2.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB V UPLOAD S2.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN s2.pdf Download (300kB) |
Abstract
ABSTRAK Colia, Sembiring, Mawarida, Dudu. 2022. “Karakteristik Teks Dalam Buku Bahasa Indonesia Pegangan Siswa SMA Kelas XI Tahun 2017” Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra (PBS), FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M. Comp. Eng (II) Dr. Andiopenta, M. Hum. Kata kunci: ciri kebahasaan, implikasi, karakteristik, struktur, teks. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik berbagai teks yang termuat di dalam buku teks pegangan siswa SMA yaitu buku bahasa Indonesia SMA kelas XI. Jenis teks yang dipilih adalah teks prosedur, ceramah, cerpen, dan drama dengan dasar pilihan adanya paradigma baru tentang bahasa dan teks, perkembangan kurikulum, perlunya optimalisasi referensi belajar bagi guru dan siswa, pentingnya meningkatkan kemampuan menganalisis siswa, dan melihat sejauh mana kelayakan penggunaan bahan ajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis dokumen. Teknik baca-catat digunakan untuk memahami dan memberi tanda pada aspek penting seperti melingkari, menggaris bawahi, singkatan, dan tanda panah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analisis isi (content analysis) dengan jenis penelitian kualitatif yakni berupa uraian kata-kata, kalimat, dan paragraf. Peneliti berperan penting dalam setiap langkah penelitian yang dilalui sejak awal hingga akhir atau yang dikenal dengan istilah human instrumentally. Hasil analisis data menunjukkan (a) setiap teks mempunyai struktur dan ciri kebahasaannya masing-masing yang dapat memiliki persamaan atau bahkan perbedaan antar teks yang satu dengan teks lainnya. (b) Temuan penelitian ini juga menyatakan bahwa masih terdapat kekeliruan/kesalahan/kelalaian baik dari segi penyusunan maupun penyajian materi teks. (c) Bahkan, terdapat materi yang belum/kurang/tidak relevan dengan konteks kehidupan sosial siswa. (d) Implikasi yang muncul meliputi implikasi kepemimpinan, etika, teoritis, budaya, dan globalisasi. ABSTRACT Colia, Sembiring, Mawarida, Dudu. 2022. "Characteristics of Texts in Indonesian Language Handbooks for Class XI High School Students in 2017" Thesis. Indonesian Language and Literature Education Masters Study Program, Department of Language and Literature Education (PBS), FKIP University of Jambi. Supervisors: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp. Eng (II) Dr. Andiopenta, M. Hum. Keywords: language features, implications, characteristics, structure, text. The purpose of this study was to identify the characteristics of the various texts contained in the textbooks for senior high school students, namely Indonesian language books for class XI senior high schools. The types of texts chosen are procedural texts, lectures, short stories, and dramas on the basis of the choice of a new paradigm of language and texts, curriculum development, the need to optimize learning references for teachers and students, the importance of improving students' analytical skills, and seeing the feasibility of using the material. teach it. The research method used is document analysis. Note-reading techniques are used to understand and mark important aspects such as circling, underlining, abbreviations, and arrows. This research is a descriptive-content analysis research with a qualitative research type in the form of descriptions of words, sentences, and paragraphs. Researchers play an important role in every research step that is passed from beginning to end or what is known as human instrumentally. The results of the data analysis show (a) each text has its own structure and linguistic characteristics which may have similarities or even differences between one text and another. (b) The findings of this study also state that there are still errors/errors/omissions both in terms of the preparation and presentation of text material. (c) In fact, there is material that is not/less/irrelevant to the context of students' social life. (d) The implications that arise include leadership, ethical, theoretical, cultural, and globalization implications.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Dudu Mawarida Sembiring |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:14 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |