AMALIYAH PUTRI, PUTRI (2023) PENERAPAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS PHOTOSHOP PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X IPA 1 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI RESTU AMALIYAH PUTRI (A1A218016).pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING Restu.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (149kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (39kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Amaliyah, Restu. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Photoshop Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kelas X Ipa 1 Sma Pgri 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan PIPS program Studi Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof.Dr. Mahdi Bahar. S.Kar., M.Hum. (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media Scrapbook, berbasis photoshop, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menggambarkan indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui media Scrapbook, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajara sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 1 SMA PGRI 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuantitatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA I SMA PGRI 2 Kota Jambi yang menggunakan media Scrapbook. nilai kognitif pretes yang memperoleh presentase sebesar 24%, siklus I pada tindakan 1 memperoleh 48%, pada tindakan 2, memperoleh 60 %. Pada siklus II tindakan 1 memperoleh 80%, tindakan 2. Pada siklus III memperoleh 88%, pada Tindakan 1, memperoleh 92% pada Tindakan 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar sejarah yang menggunakan media scrapbook, hal ini ditunjukkan di indikator kognitif, presentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Media yang berbasis ceramah bertujuan untuk proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa senang dan lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Dan ciptakanlah kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan para siswa betah didalam kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Scrapbook, Berbasis Photoshop, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:43 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43948 |
Actions (login required)
View Item |