DWI AYU, SUETHA (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKETBOOK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA KELAS X IPS 2 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
abstrak.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (33kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (32kB) |
|
Text
Halaman persetujuan pembimbing.pdf Download (345kB) |
|
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (267kB) |
|
Text
SKRIPSI DWI AYU SUETHA 008.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI DWI AYU SUETHA 008.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Suetha, Dwi Ayu. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Pocket Book Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi : Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Mahdi Bahar, Skar. M. Hum., (II) Apdelmi S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Media Pocket Book Digital, Berbasis Flipbook, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan media pembelajaran siswa mata pelajaran sejarah dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuantitatif, kualitatif dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu dengan menggunakan metode analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi yang menggunakan media pocket book digital berbasis flipbook rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I tindakan 1 sebesar 65 %, pada tindakan 2 hasil belajar mencapai 70%. Pada siklus II tindakan 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80%, tindakan 2 hasil belajar siswa mencapai 85%. Pada siklus III tindakan 1 hasil belajar siswa mencapai 80%, pada tindakan 2 hasil belajar siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah yang menggunakan media pembelajaran pocket book digital berbasis flipbook yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil rata-rata persentase hasil belajar siswa setiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah perlunya penggunaan media pembelajaran yang tepat, menarik dan sesuai dengan materi yang akan di sampaikan. Media pocket book digital berbasis flipbook merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan solusi bagi guru dalam membuat kegiatan belajar dan mengajar lebih menyenangkan sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan efektif kepada peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pocket Book Digital, Berbasis Flipbook, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Suetha |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:42 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43950 |
Actions (login required)
View Item |