Saparina, Siti (2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning yang Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP pada Materi Suhu dan Kalor. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS SITI SAPARINA (P2A520018).pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (342kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan E-LKPD pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini dilatar belakangi dengan peserta didik yang masih pasif saat memecahkan masalah, kurang antusias saat mengerjakan LKPD, kurang terasahnya keterampilan berpikir kritis, dan masih banyak peserta didik yang salah pemahaman konsep materi, dan penggunaan LKPD dengan aplikasi liveworksheet masih belum pernah digunakan di sekolah tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model pengembangan Lee & Owens. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan E-LKPD oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan layak dan dapat diujicobakan, sedangkan hasil respon guru diperoleh kategori sangat baik, hasil respon peserta didik pada ujicoba satu-satu diperoleh persentase 92,08% dalam kategori sangat baik, hasil respon peserta didik pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 92.22% dalam kategori sangat baik. Hasil analisis pretest-posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan uji n-gain diperoleh skor 0,60 dengan kategori sedang. Dan hasil analisis n-gain dari pretest-posttest pemahaman konsep diperoleh hasil yaitu 0,66 dan dapat diinterpretasikan dengan kategori sedang. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya materi Suhu dan Kalor.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, liveworksheets, LKPD elektronik, pemahaman konsep, problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Saparina |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |