Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi

Hikmah, Ratumas Nurul (2022) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Ratumas Nurul Hikmah (052).pdf

Download (5MB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (194kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan penyebaran soal pilihan berganda dengan bantuan google form, serta dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan lingkungan belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar sejarah. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian dimana: (1) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Berdasarkan uji t ditunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel atau 3,185 > 2,704. (2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan t_hitung > t_tabel atau 3,220 > 2,704. (3) terdapat pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 7 Kota Jambi. Berdasarkan uji F memperoleh nilai f_hitung > f_tabel (16,463 > 3,47). Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa lebih melengkapi fasilitas belajar dan siswa mampu memahami kondisi lingkungan belajar yang nyaman agar dapat memudahkan proses pembelajaran guna untuk meningkatkan prestasi yang ingin dicapai.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: HIKMAH
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:41
Last Modified: 11 Jan 2023 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43966

Actions (login required)

View Item View Item