PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LEGENDA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KERINCI TAHUN AJARAN 2017/2018

sutri, milia PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LEGENDA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KERINCI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LEGENDA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KERINCI TAHUN AJARAN 2017/2018.

[img] Text
ARTKEL ILMIAH.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Pengaruh Model Picture And Picture terhadap Kemampuan Menulis Legenda Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kerinci Tahun Ajaran 2017/2018” disusun oleh Milia Sutri, Nomor Induk Mahasiswa RRA1B114015, dibimbing oleh Bapak Drs. Aripudin, M. Hum. dan Bapak Drs. Eddy Pahar H., M. Pd. Kata Kunci : Model Picture And Picture, Kemampuan Menulis Legenda, Siswa SMP Negeri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis legenda siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kerinci yang mencakup kemampuan menerapkan unsur pembangun legenda, struktur teks legenda dan kaidah kebahasaan legenda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunkan control group pretest-posttest design yaitu kelas control sebagai pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kerinci. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sehingga sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis legenda siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kerinci. Nilai rata-rata kelas kontrol pada pretest adalah 37,1 kemudian posttest adalah 70,7 dengan selisih 33,6. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest adalah 36,4 kemudian nilai rata-rata posttest 78,1 dengan selisih 41,7 setelah dilakukan hipotesis menggunakan rumus independent test maka didapatkan hasil signifikasi 0,015 yang berarti < 0,05. Beradasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis legenda siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kerinci. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yang nilai signifikasi yaitu 0,015 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MILIA SUTRI
Date Deposited: 05 Jun 2018 06:41
Last Modified: 05 Jun 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item