Pengembangan Media Chatbot Scaffolding dengan Model Project Based Learning dalam E-lematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

ANUM, PARIDA (2022) Pengembangan Media Chatbot Scaffolding dengan Model Project Based Learning dalam E-lematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img] Text
PARIDA ANUM_A1C218058_SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran masih belum bisa membantu siswa dalam memahami pembelajaran matematika tersebut dan juga masih belum meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil belajar siswa setelah mengunakan media pembelajaran tersebut, yaitu persentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebesar 43,75% dan persentase siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM sebesar 57,25%. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, menuntut para guru untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan daya tarik minat siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran matematika menjadi lebih efisien, salah satunya dengan mengembangkan media chatbot scaffolding dengan model project based learning dalam e-lematika pada materi koordinat kartesius kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi tahap analyze, design, development, implementation, and evaluation. Instrument pada penelitian ini terdiri dari angket validasi instrument, angket validasi materi, angket validasi media, angket praktikalitas, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakkan di SMP Negeri 5 Kota Jambi dengan subjek penelitian yaitu: (1) pada uji coba perorangan, subjek penelitiannya adalah seorang guru matematika, (2) pada uji kelompok kecil, subjek penelitiannya adalah 9 orang siswa kelas VIII A dengan tingkat kemampuan rendah, sedang, dan tinggi, serta (3) pada uji coba lapangan, subjek penelitannya adalah siswa kelas VIII A Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan media chatbot scaffolding dengan model project based learning dalam e-lematika pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP; 2) Penilaian ahli materi sebesar 96,36% dengan tingkat kevalidan sangat valid dan ahli desain 86,66% dengan tingkat kevalidan sangat valid; 3) Memperoleh kriteria kepraktisan media pembeajaran oleh guru sebesar 72,50% dan oleh siswa sebesar 75,05% dengan kriteria praktis; 4) persentase keefektifan dari angket respon siswa 75,09% (efektif) dan tes hasil belajar yang dilakukan siswa memperoleh 81,25% siswa tuntas melebihi KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media chatbot scaffolding dengan model project based learning dalam e-lematika dikategorikan efektif dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Chatbot, Scaffolding, Model Project Based Learning, Elematika, Koordinat Kartesius.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anum
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:15
Last Modified: 12 Jan 2023 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44046

Actions (login required)

View Item View Item