NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER dan PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BUKU "SAKUNUNG-SAKUNUNG NINAU"

Rawati, Putri Dini (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER dan PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BUKU "SAKUNUNG-SAKUNUNG NINAU". S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
YUDISIUM TESIS PUTRI DINI RAWATI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover tesis.pdf

Download (272kB)
[img] Text
halaman pengesahann tesis.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I(2).pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (356kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rawati, Putri Dini. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Persepsi Masyarakat Pulau Tengah terhadap Cerita Rakyat “Sakunung-Sakunung Ninau” Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, persepsi masyarakat, cerita rakyat Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan persepsi masyarakat Pulau Tengah yang ada pada cerita rakyat Sakunung-Sakunung Ninau. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deskriptif. Sumber data yang di pakai adalah buku cerita rakyat yang berjudul Sakunung-Sakunung Ninau yang berasal dari salah satu desa di Kerinci yaitu Desa Koto Tuo, Pulau Tengah yang serta artikel-artikel di internet, jurnal nasional dan buku-buku penunjang data lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian ini secara garis besar kelima aspek nilai pendidikan karakter ditemukan didalam buku cerita rakyat Sakunung-Sakunung Ninau, namun dilihat dari subnilai masing-masing kelima aspek nilai pendidikan karakter hanya ditemukan beberapa nilai pendidikan karakter seperti aspek nilai pendidikan karakter Religius, subnilai dari religius hanya ditemukan indikator yaitu: cinta damai, teguh pendirian , percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, ketulusan, dan tidak memaksakan kehendak. Kedua aspek Nasionalis yaitu: rela berkorban. Yang ketiga yaitu aspek Mandir yaitu: etos kerja (kerja keras), daya juang, kreatif, dan keberanian. Aspek keempat adalah Gotong royong yaitu: menghargai, kerja sama, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong-menolong, solidaritas dan empati. Aspek terakhir adalah Integritas, yaitu: kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, keadilan, tanggung jawab dan keteladanan. Dari kelima aspek nilai pendidikan karakter yang lebih dominan muncul dalam cerita rakyat Sakunung-Sakunung Ninau adalah aspek Gotong Royong. Untuk persepsi masyarakat dari kesepuluh responden mengatakan bahwa Sakunung-Sakunung Ninau merupakan cerita pada zaman dahulu yang sampai sekarang masih ada keberadaannya. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan kelima aspek nilai-nilai penidikan karakter terapat di dalam buku Sakunung-Sakunung Ninau, untuk persepsi masyarakat dapat disimpulkan bahwa buku Sakunung-Sakunung Ninau merupakan cerita rakyat milik masyarakat Pulau Tengah yang berisikan nasehat untuk anak dan cucunya yang dibacakan sebelum tidur dan merupakan cerita yang turun temurun dari nenek moyang pada zaman dahulu, saran dari peneliti untuk seluruh masyarakat Kerinci hendaknya dapat berpartisipasi dalam pelestarian karya sastra daerah, agar keberadaannya dapat diwariskan kepada generasi penerus yang akan datang.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, persepsi masyarakat, cerita rakyat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rawati
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:57
Last Modified: 12 Jan 2023 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44056

Actions (login required)

View Item View Item