Hadyatma, Rifka and Rusdi, Muhammad and Huda, Nizlel (2022) Pengaruh Penerapan JUCAMA dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matemaitka DItinjau Dari Tipe Kperibadian. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran JUCAMA dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap komunikasi matematis (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran JUCAMA dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan factor design. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa SMK N 2 Muaro Jambi kelas XI yang terdapat 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Muaro Jambi yaitu terdapat 3 kelas yang berjumlah 83 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dimana unit/kelas sampel diambil dengan cara diundi secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, Tes Kepribadian, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur (two-way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pembelajaran JUCAMA dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). (2) Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,880 lebih dari 0,05 (0,880 > 0,05). (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran JUCAMA dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,290 lebih dari 0,05 (0,290 > 0,05). Namun salah satu tipe kerpibadian sanguine berpengaruh secara significant dengan pembelajaran JUCAMA dari pada pembelajaran konvensional/Pembelajaran langsung dalam Kimunikasi Matematisnya.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HADYATMA |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 04:03 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |