PENERAPAN ASESMEN UNJUK KERJA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023

Azizul Hakim, Ikram (2023) PENERAPAN ASESMEN UNJUK KERJA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
Skripsi Ikram Azizul Hakim NIM A1B118138 PBSI FKIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Ikram azizul Hakim, Ikram. 2022. Penerapan Asesmen Unjuk Kerja Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Kota jambi Tahun Ajaran 2022/2023: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembmbing: (I) Dr. Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. (II) Priyanto, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Asesmen Unjuk Kerja, Teks Eksposisi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk penerapan asesmen unjuk kerja dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023, dengan melihat dari segi bagaimana guru merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian hasil unjuk kerja pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Jambi pada September 2022. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subjek dan objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru AH menerapkan asesmen unjuk kerja berpedoman pada RPP, penerapan asesmen unjuk kerja sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah pengembangan asesmen pada jenis penilaian produk dan portofolio, namun terdapat kendala pelaksanaan asesmen unjuk kerja yang dialami berasal dari faktor internal dan eksternal, pengoptimalan waktu, kurangnya motivasi belajar dari peserta didik dan interpretasi siswa yang kurang.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: hakim
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:10
Last Modified: 12 Jan 2023 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44086

Actions (login required)

View Item View Item