Patunah, Siti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN ADANYA PROGRAM GEROBAK SINGGAH DI SD NEGERI 232/IX KELAS JAUH SEI JERAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK SITI PATUNAH.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SITI PATUNAH.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB V SITI PATUNAH.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
COVER SITI PATUNAH.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SITI PATUNAH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI SITI PATUNAH.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Siti Patunah.pdf Download (729kB) |
Abstract
1 ABSTRAK Patunah, Siti 2022 Analisis kemampuan literasi matematis siswa dengan adanya program gerobak singgah di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid. M.Si (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd Kata Kunci :literasi matematis, gerobak singgah, nilai mata uang Tujuan mata pelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menggunakan penalaran, memecahkan masalah, mengkomunikasikan gagasan dan memiliki sikap menghargai. Kelima kemampuan tersebut sesuai dengan aspek-aspek kemampuan literasi matematis. Ketika seseorang dihadapkan pada permasalahan matematis, ia akan berusaha untuk mengidentifikasi masalah tersebut dan mengorganisasi atau mengaitkan dengan pengetahuan matematis yang telah dimiliki. Hal ini berkaitan dengan sumber informasi yang diperoleh salah satunya menggunakan buku sebagai bahan ajar agar siswa mampu berpikir, memecahkan masalah, dan memproses informasi. Pada penelitian ini penyediaan sumber bacaan tersebut dilakukan melalui Program Gerobak Singgah. Program ini berisikan pengajaran literasi matematis untuk siswa Di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal nilai mata uang dengan adanya bantuan Program Gerobak Singgah. Analisis kemampuan literasi matematis berdasarkan dari tiga indikator literasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat kelas V pada bulan Juni 2021 –Agustus 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 siswa yang duduk di kelas V Sekolah Dasar Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keempat subjek secara keseluruhan memenuhi indikator dari kemampuan literasi matematis. Hal ini terlihat dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh subjek penelitian dalam menyelesaikan soal nilai mata uang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PATUNAH |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 07:50 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |