PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

SARI, NURLIZA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img] Text
SKRIPSI NURLIZA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKKAN.pdf - Published Version

Download (133kB)

Abstract

Dalam beberapa kesempatan pembelajaran matematika masih ditemukan bahwa metode konvensional menjadi rutinitas di dalam kelas. Hal itulah yang menyebabkan pembelajaran kurang optimal sehingga pemahaman konsep dan hasil belajar Matematika siswa masih rendah dibawah angka kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakuka di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada Oktober-November 2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan model Kooperatif Tipe Jgsaw menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada tahun ajaran 2022/2023, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan tekinik Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0.034 yang berarti nilai sig ˂ 0.05 jadi 0,034 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Selanjutnya dapat dilihat pada nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen adalah 78,14 dengan nilai terendah 50 tertinggi 100, dan kelas kontrol adalah 69,83 dengan nilai terendah 40 tertinggi 100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sari
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:13
Last Modified: 12 Jan 2023 08:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44106

Actions (login required)

View Item View Item