Roza, Mira Amelia (2018) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN VIDEO AMIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA KELSA IV DI SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL ILMIAH ok.pdf Download (138kB) |
Abstract
ABSTRAK Roza, Mira Amelia. 2018. Pengembangan Video Animasi Berbasis Kontekstual pada Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar: Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. H. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (2) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: video animasi, berbasis kontekstual, pembelajaran IPA. Media pembelajaran sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Dalam pemilihan media pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan tingkat perkembangan dari peserta didik. Media video animasi dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran IPA. Video dapat menjelaskan kondisi yang abstrak menjadi nyata dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian dan pengembangan ini diwujudkan dalam bentuk media pembelajaran video animasi berbasis kontekstual pada palajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar yang praktis dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan Model menggunakan model pengembangan DDD-E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kemenarikan, dan kepraktisan video animasi berbasis kontekstual pada pelajaran IPA kelas V di sekolah dasar. Subjek penelitian ialah peserta didik dan guru kelas V SDN 34/I Teratai. hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh melalui validasi media, validasi materi, dan respon peserta didik dan guru menggunakan angket terhadap pengembangan video animasi berbasis kontekstual pada pelajaran IPA kelas V di sekolah dasar. Hasil penelitian ini berupa video animasi berbasis kontekstual pada pelajaran IPA kelas V di sekolah dasar yang valid, praktis, dan menarik. Hasil validasi dari validator media memperoleh skor rata-rata 4,1 dalam kategori “sangat valid”. validator materi memperoleh skor rata-rata 4,6 dalam kategori “sangat valid”. Setelah layak untuk diujicobakan, maka diperoleh skor rata-rata 4,65 dalam kategori “sangat menarik” untuk uji kelompok kecil dan ujicoba kepada guru memperoleh skor 4,6 dalam kategori “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah video animasi berbasis kontekstual pada pelajaran IPA kelas V di sekolah dasar memiliki tingkat kevalidan media sangat valid dan tingkat kevalidan materi yaitu sangat valid. video animasi berbasis kontekstual pada pelajaran IPA kelas V di sekolah dasar praktis saat digunakan guru dan menarik bagi peserta didik hal itu diperoleh dari hasil angket respon guru dan peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MIRA AMELIA ROZA |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 07:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4412 |
Actions (login required)
View Item |