PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

PARAWANSA, YUNIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img] Text
SKRIPSI Yunia Parawansa jadi 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text
persetujuan pengesahan.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK Y.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 1 Y.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
BAB 5 Y.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (125kB)

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi masih rendah yang ditunjukkan saat peneliti melakukan observasi dan hasil belajar siswa. Siswa cenderung pasif pada proses pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya minat siswa untuk membaca dan bertanya tentang materi yang diajarkan oleh guru sehingga siswa kesulitan dalam pemecahan masalah matematis yang berkaitan dengan materi dan soal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan posttest-only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2022/2023. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yang memilih dua kelas sampel sebagai kelas sampel penelitian. Didapatlah kelas sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal post-test kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan model pembelajaran Langsung. Uji hipotesis menggunkan uji t dua pihak, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 10.4598506>1.671 sehingga H_1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas ekperimen 81.56 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol yaitu 68.67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Dimana rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberlakukan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberlakukan dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, kemampuan pemecahan masalah matematis

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: parawansa
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:24
Last Modified: 13 Jan 2023 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44121

Actions (login required)

View Item View Item