Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Software Dan Hardware Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Kurniawan, Muhammad Afiq (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Software Dan Hardware Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat di era perubahan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan gencarnya inovasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini tentunya berimbas kepada dunia pendidikan. Implementasi TIK di dunia pendidikan dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan pengembangan multimedia interaktif berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat multimedia interaktif berbasis android yang dapat mempermudah peserta didik belajar dengan baik dan melakukan pengujian fungsionalitas dari multimedia interaktif ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan aplikasi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design, collecting content material, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi literatur, wawancara, dan kuisioner. Subjek penelitian ini adalah multimedia interaktif pengenalan Software dan Hardware bagi siswa SD berbasis android. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia interaktif pengenalan Software dan Hardware bagi siswa SD berbasis android yang telah di kembangkan berdasarkan pengembangan perangkat lunak dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil pada pengujian fungsionalitas yang menggunakan black box testing mendapatkan hasil yang valid yang artinya aplikasi berjalan dengan semestinya, kemudian aplikasi ini telah melewati validasi bahasa dan materi yang mendapatkan hasil persentase masing-masing sebesar 85,71% dan 94,28% yang artinya bahasa dan materi yang ada dalam media pembelajaran telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah dan pengujian kemudahan pengguna (Perceived Ease of Use) didapatkan hasil sebesar 89,61% yang menandakan bahwa aplikasi mudah untuk digunakan oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Sekolah Dasar, Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: MUHAMMAD AFIQ KURNIAWAN
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:00
Last Modified: 13 Jan 2023 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44126

Actions (login required)

View Item View Item