Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Orang-Orang Biasa dan Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata

Fitri, Nur (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Orang-Orang Biasa dan Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Halaman Pengesahan Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER TESIS NH.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I TESIS NH.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V TESIS NH.pdf

Download (12kB)
[img] Text
TESIS NUR HALIZA P2A321011 pasca sidang (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka TESIS NH.pdf

Download (250kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Haliza, Nur. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Orang-Orang Biasa dan Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph.D. (II) Dr. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Orang-Orang Biasa, Novel Guru Aini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta mendeskripsikan persamaan dan perbedaan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Orang-Orang Biasa dan novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data langsung dari sumbernya, adapun data penelitian berupa nilai pendidikan karakter sedangkan sumber data ialah novel Orang-Orang Biasa dan novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification penelitian dengan menggunakan pendekatan struktural sehingga peneliti dapat menganalisis dan mendeskripsikan data penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat digambarkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata mencakup; nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata mencakup; nilai religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, gemar membaca, cinta damai, peduli sosial dan tanggungjawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Biasa mengambarkan nilai pendidikan karakter yakni, religius (mengakui adanya Tuhan), jujur (tidak curang), displin (tepat waktu), kerja keras (tidak putus asa), mandiri (tidak bergantung pada orang lain), cinta tanah air (perayaan hari besar), menghargai prestasi (memberi pujian), cinta damai (santun dan sopan), peduli sosial (memberi bantuan), tanggungjawab (amanah). Sedangkan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini mengambarkan nilai pendidikan karakter yakni, religius (berdoa dan melaksanakan shalat), jujur (tidak berbohong dan tidak mampu), toleran (mudah merasa iba), displin (tepat waktu), kerja keras (tidak putus asa), mandiri (bertanggungjawab pada diri sendiri), demokratis (berlaku adil), rasa ingin tahu (berani mencoba), semangat kebangsaan (rela berkorban), cinta tanah air (berjiwa besar), menghargai prestasi (memberi pujian), bersahabat (mudah bergaul), cinta damai (memberi rasa nyaman), gemar membaca (berwawasan luas), peduli sosial (memberi bantuan), dan tanggungjawab (amanah).

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Orang-Orang Biasa, Novel Guru Aini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: NUR HALIZA FITRI
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:02
Last Modified: 13 Jan 2023 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44128

Actions (login required)

View Item View Item