Jusfita Sari, Nandia (2022) PENGEMBANGAN VIDEO MODELLING INTERVENTION UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Halaman Judul (Cover).pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text
halaman Persetujuan.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_A1C218046_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keterbelakangan Komunikasi merupakan ciri utama individu dengan gangguan Autism Spektrum Disorder (ASD). Maka meningkatan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika anak ASD menjadi pusat perhatian dalam memberikan perlakuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran modelling intervation yang mendukung meningkatnya kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika anak autism spectrum disorder. dan Kualitas penggunaan media pembelajaran terhadap anak ASD. Pegembangkan video modelling intervention diambil dari beberapa pendekatan yaitu Video Self-Modelling.dalam Pembuatan Video Modelling Intervention pada bagian Interensinya terdapat pada ini inti yang terdiri 3 tahap: (1) pemodelan video; (2) keterlibatan Komunikasi Matematis (dapat dibantu isyarat naskah tertulis); dan (3) evaluasi diri menggunakan umpan balik mengerjakan Soal-Soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen yang penelitikunakan yaitu karakteristik anak ASD, Lembar validasi Media, dan dan intrumen Uji coba yang tediri dari respon Guru dan Anak ASD. Peneliti ini dilakukan di SLB N 2 Kota Jambi. Subjek pebeliti adalah Anak Autism Specktrum Discoder di kelas VI. Teknik Mengumpulkan data mengunakan data analisis Kualitatif dan Kuantitaif. Hasil penelitian: (1) Telah Menghasilkan Video Modelling Intervention untuk meningkatkan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Anak Autism Spectrum Disorder. (2) Penilaian valid media I sebesar 3,6 dengan tingkat kevalidan “Sangat Baik” (Sangat Valid) dan valid valid media II sebesar 3,6 dengan tingkat kevalidan “Sangat Baik” (Sangat Valid). (3) Memperoleh Respon Guru sebesar 3,5 dengan kriteria “Sangat Baik”. (4) Memperoleh Respon siswa ASD yang sangat antusias, dapat memperagakan kembali sesui video, bisa mengerjakan evalusi diri dengan mengerjakan soal-soal komunikasi matematis. Maka dapat di simpulkan Video Modelling Intervention untuk meningkatkan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Anak Autism Spectrum Disorder layak di gunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis,Autism Spectrum Discoder,Video Modelling Intervention,Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |