Desramaza, Arif (2022) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (332kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf - Published Version Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (655kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 22 Kota Jambi, dengan itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP berbantuan smart apps creator untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII G SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) dengan langkah-langkah menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, memonitor siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman. Media pembelajaran dibuat berbantuan smart apps creator yang dihasilkan dalam bentuk .exe yang bisa dibuka melewati smartphone android dan IOS serta laptop. Media pembelajaran ini berfokus pada materi koordinat kartesius untuk siswa kelas VIII SMP dengan menyajikan materi koordinat kartesius serta adanya proyek yang akan dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi sehingga menghasilkan media pembelajaran yang diharapkan bermanfaat dan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Dengan tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Daru hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan media pembelajaran dari ahli materi 89,4% (sangat valid) dan ahli desain 90,09% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan media pembelajaran oleh guru 100% dan siswa 86,6%, 3) persentase keefektifan media pembelajaran dari angket motivasi belajar matematika siswa yang mengalami peningkatan dari 46,7% ke 76,6%, angket respon siswa 83.5% % dan dari persentase ketuntasan tes hasil belajar 81,8% Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran dengan inovasi lain untuk menghasilkan media pembelajaran yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar matematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Smart Apps Creator, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Koordinat Kartesius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | DESRAMAZA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:50 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |