Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD

Aprilia, Nadya (2018) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD.

[img] Text
ARTIKEL NADYA APRILIA B.INGG.pdf

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK Aprilia, Nadya. 2018. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si, Pembimbing (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, buku cerita bergambar, pembelajaran membaca. Pemilihan media pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar. Buku cerita bergambar dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran membaca. Peserta didik kelas rendah lebih menyukai pembelajaran yang nyata yang berkaitan dengan lingkungan di sekitarnya. Buku cerita bergambar dapat menjelaskan kondisi yang abstrak menjadi nyata dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian dan pengembangan ini diwujudkan dalam bentuk media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan hidup untuk pembelajaran membaca di kelas II SD yang valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan hidup untuk pembelajaran membaca yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Dessiminate) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IIA SDN No. 34/I Teratai Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi media, materi dan bahasa. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan wawancara peserta didik setelah menggunakan buku cerita bergambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi oleh validator media diperoleh skor Rerata 4,84 dengan kategori sangat valid, validator materi 4,55 dengan kategori sangat valid dan validator bahasa 4,25 dengan kategori sangat valid, kepraktisan media dari respon guru 4,8 diperoleh kategori sangat praktis dan respon peserta didik terhadap media dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan hidup untuk pembelajaran membaca di kelas II SD dapat menarik minat baca peserta didik kelas II. Media termasuk dalam kategori valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajara.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NADYA APRILIA
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:33
Last Modified: 05 Jun 2018 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item