PENERAPAN METODE INKUIRI BERBASIS POWER POINT TEXT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI PAHAM-PAHAM BESAR DUNIA DAN GERAKAN NASIONALISME DI ASIA-AFRIKA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Dita, Inesrin (2022) PENERAPAN METODE INKUIRI BERBASIS POWER POINT TEXT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI PAHAM-PAHAM BESAR DUNIA DAN GERAKAN NASIONALISME DI ASIA-AFRIKA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. PERJUANGAN DAN KEGIGIHAN SYAFRUDDIN PRAWIRANEGARA DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA, 1 (1). ISSN 2829-5137

[img] Text
INESRIN DITA - Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Hal Persetujuan & Hal Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/v...

Abstract

Dita, Inesrin. 2022. Penerapan Metode Inkuiri Berbasis Power Point Text Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Paham-paham Besar Dunia dan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum, (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: metode inkuiri, power point text, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa, hal ini di tandai dengan 44% nilai siswa masih belum mencapai KKM, selain itu juga cara guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan monoton sehingga membuat siswa bosan. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran sejarah materi paham-paham besar dunia dan gerakan nasionalisme di asia-afrika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri berbasis power point text dapat meningkatkan hasil belajar sejarah materi paham-paham besar dunia dan gerakan nasionalisme diasia-afrika siswa kelas XI IPS 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Taggart terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 semester ganjil SMA Adhyaksa 1 Jambi yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan metode inkuiri mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dari siklus ke siklus semakin meningkat. Penilaian kognitif siswa pada siklus I persentasenya 76% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan yang persentasenya 84% dengan kategori sangat baik, pada siklus III juga mengalami peningkatan yang persentasenya 96% dengan kategori sangat baik. Penilaian pada lembar observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat nilai 76% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan mendapat nilai 84% dengan kategori sangat baik, pada siklus III juga mengalami peningkatan 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri berbasis power point text dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan materi paham-paham besar dunia dan gerakan nasionalisme di asia-afrika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka terdapat saran yang hendak disampaikan yaitu: diharapkan adanya fasilitas bagi guru untuk lebih mengembangkan potensinya dan lebih memperhatikan perkembangan siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: DITA
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:01
Last Modified: 13 Jan 2023 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44150

Actions (login required)

View Item View Item