PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE INTERAKTIF BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

SULISTIYA, OKI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE INTERAKTIF BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img] Text
Skirpsi OKI SULISTIYA BAKTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Cover dan Halaman Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan halaman pengesahan.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (88kB)

Abstract

Sulistiya, Oki. 2022. Pengembangan Multimedia Pembelajaran E-Magazine Interaktif Berbasis Model Creative Problem Solving dengan Berbantuan Liveworksheet untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Gugun Manosor Simatupang, M.Si., (2) Dr. Mujahidawati, M. Si., Kata Kunci : Multimedia, E-Magazin, Creative Problem Solving , liveworksheet, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru matematika di SMA Negeri 1 Kota Jambi didapatkan bahwa belum adanya multimedia pembelajaran yang menunjang proses belajar dan mengajar, kurangnya penggunaan teknologi serta metode yang digunakan hanya berupa konvensional atau ceramah. Penelitian ini adalah untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran E-Magazine Interaktif Berbasis Model Creative Problem Solving dengan Berbantuan Liveworksheet untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi, serta peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Multimedia pembelajaran E-Magazine Interaktif yang berbasis model Creative Problem Solving dengan sintak (Object Finding, Fact Finding, Problem Solving, Idea Finding, Solution Finding, Acceptance Finding) Multimedia Pembelajaran E-Magazine Interaktif juga berbantuan Liveworksheet yang dapat di akses melalui smarthphone. Multimedia ini memuat materi program linear untuk siswa kelas XI SMA. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan Multimedia pembelajaran E-Magazine yang diharapkan dapat bermanfaat. Dengan tingkat kualitas berdasarkan 3 kriteria, yaitu; kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh; 1) presentase kevalidan Multimedia Pembelajaran E-Magazine interaktif dari ahli materi 90 % (sangat valid) , ahli desain 83,3 % (sangat valid) dan ahli multimedia 90 % (sangat valid) , 2) presentase kepraktisan Multimedia Pembelajaran E-Magazine interaktif oleh pendidik 78, 6% (cukup praktis) dan oleh peserta didik 91,3 % (sangat praktis), 3) presentase keefektifan Multimedia Pembelajaran E-Magazine angket respon siswa 90,16% (sangat efektif) serta dari tes hasil belajar berupa pretest dan postest dengan menggunakan N- Gain sebanyak 2 orang kriteria rendah, 26 orang kriteria sedang dan 8 orang ktiteria tinggi. Dengan demikian, Multimedia Pembelajaran E-Magazine interaktif dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bakti
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:00
Last Modified: 17 Jan 2023 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44151

Actions (login required)

View Item View Item