EFEKTIVITAS PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK DALAM MEMAKSIMALKAN PEMILIKAN KTP BAGI REMAJA DI KABUPATEN MUARO JAMBI

Resya Putra, Refanie (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK DALAM MEMAKSIMALKAN PEMILIKAN KTP BAGI REMAJA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB IV_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Abstrak_RefanieResyaPutra_H1A118009.pdf

Download (330kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Efektivitas Pelayanan KTP bagi Remaja di Kabupaten Muaro Jambi dapat diukur dari faktor waktu, faktor kecermatan dan faktor gaya pemberian pelayanan. Dimana makin besar persentase target yang dicapai, makin tinggi efektivitasnya. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metodologi Deskriptif kualitatif terhadap kriteria efektivitas kerja organisasi pemberi pelayanan seperti faktor waktu, faktor kecermatan, dan faktor gaya pemberian layanan. Selain itu kualitas pelayanan publik juga dipengaruhi oleh faktor, seperti tingkat kompetensi aparat, kualitas peralatan, dan budaya birokrasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat dari : 1).Faktor waktu, menunjukkan layanan KTP bagi Remaja telah tepat waktu, 2).Faktor kecermatan, Pegawai pengelola layanan telah memiliki kecermatan yang baik dalam pelayanan, 3).Faktor gaya pemberian pelayanan, gaya pemberian pelayanan telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur, 4).Kompetensi Aparat, Pegawai yang ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahliannya, 5).Kualitas Peralatan, kualitas peralatan yang dimiliki sudah baik dengan fasilitas yang cukup lengkap, 6).Budaya Birokrasi, bekerja sama antar bidang sesuai dengan keahliannya dan transparansi terlaksana dengan baik, dan 7).Supremasi hukum, Pelayanan KTP bagi Remaja dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku yang dilengkapi dengan standar operasional prosedur layanan. Hasil layanan pada tahun 2020 sebanyak 48.484 buah, meningkat sebanyak 1.729 buah dibandingkan tahun 2021 sebanyak 50.213 buah.Dalam pelaksanaan efektivitas layanan ini dapat disarankan hal sebagai berikut: 1).Pengadaan Genset guna mengantisipasi pemadaman listrik; 2).Pengadaan Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi layanan KTP; 3).Sosialisasi layanan KTP bagi Remaja di sekolah dan organisasi kepemudaan; dan 4).Saling kerja sama dan transaparansi dalam memberikan informasi pada masyarakat agar suatu informasi yang disampaikan terlaksana dengan baik. The effectiveness of KTP services for youth in Muaro Jambi Regency can be measured from the time factor, the accuracy factor and the service delivery style factor. Where the greater the percentage of targets achieved, the higher the effectiveness. In this study the authors used a qualitative descriptive methodology on the criteria for the effectiveness of the work of service delivery organizations such as the time factor, the accuracy factor, and the service delivery style factor. In addition, the quality of public services is also influenced by factors, such as the level of competence of officials, quality of equipment, and bureaucratic culture. From the results of this study it can be seen from: 1).Time Factor, Showing that KTP services for youth are on time, 2).Accuracy Factor, Service management staff have good accuracy in service, 3).Service Delivery Style Factor, Service Delivery Style is in accordance with Standard Operating Procedures, 4).Officer Competence, Employees who are placed according to their educational background and expertise, 5).Quality of Equipment, The quality of equipment owned is good with fairly complete facilities, 6).Bureaucratic Culture, work the same between fields according to their expertise and transparency is well implemented, and 7).Supremacy of law, KTP services for youth are carried out in accordance with applicable regulations which are complemented by standard operating procedures for services. The results of services in 2020 were 48,484 units, an increase of 1,729 units compared to 2021 of 50,213 units. In implementing the effectiveness of this service, the following can be suggested: 1).Procurement of Genset machines in anticipation of power outages; 2).Procurement of the Information and Communication Technology Master Plan for KTP services; 3).Socialization of KTP services for youth in schools and youth organizations; and 4).Mutual cooperation and transparency in providing information to the public so that the information conveyed is carried out properly.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Layanan, Kualitas Layanan, KTP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Putra
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:38
Last Modified: 13 Jan 2023 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44153

Actions (login required)

View Item View Item