AYUNDA, TRISKA PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR SISTEM TATA SURYA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR SISTEM TATA SURYA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL.pdf Download (245kB) |
Abstract
ABSTRAK Ayunda, Triska. 2018. Pengembangan Media Miniatur Sisitem Tata Surya Untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Desrinelli, M.Pd (2) Dwi Kurnia Hayati, M.Pd Kata Kunci: Media, Miniatur, sistem tata surya Penggunaan media dalam pembelajaran IPA pada materi mengenal sistem tata surya sangat dibutuhkan. Karena materi tersebut bersifat abstrak yang tidak mungkin dapat dilihat langsung tanpa menggunakan alat bantu. Media yang ada di beberapa sekolah belum dapat menyampaikan materi dengan komplit atau masih terpisah-pisah untuk mencapai KD dan media yang digunakan kurang untuk melibatkan siswa sehingga pembelajaran menjadi pasif. Maka dari itu media miniatur sistem tata surya dibuat agar dapat mengkonkretkan yang abstrak dan mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Selain itu, dengan media tersebut siswa menjadi lebih aktif karena dapat melihat, memegang dan mengoperasikan langsung media sistem tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, mengetahui kevalidan berdasarkan penilaian oleh ahli pembelajaran dan ahli media, serta mengetahui kepraktisan pengembangan media berdasarkan penilaian guru dan siswa terhadap media miniatur yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian prosedur pengembangan media miniatur sistem tata surya menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil akhir validasi ahli media yaitu media layak untuk diuji cobakan tanpa revisi dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 4,67 yang menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil akhir validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 4,8 maka produk ini layak untuk diuji cobakan dan termasuk kriteria “sangat baik”. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan yaitu uji coba kelompok kecil, siswa banyak yang memberi respon positif terhadap keterbacaan media miniatur sistem tata surya. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa media miniatur sistem tata surya dapat menarik minat belajar siswa dan membuat siswa lebih paham karena dapat mengoperasikan dan melihat secara langsung bentuk sistem tata surya. Produk ini termasuk kedalam kriteria “sangat praktis” dapat dilihat dari hasil angket respon guru yang memperoleh nilai rata-rata 4,67. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media miniatur sistem tata surya untuk kelas VI Sekolah Dasar layak digunakan sebagai media miniatur sistem tata surya pada kompetensi mengenal sistem tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TRISKA AYUNDA |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 07:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4416 |
Actions (login required)
View Item |