PENGARUH VARIASI WAKTU ALIRAN NUTRISI PADA SISTEM HIDROPONIK DFT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Saputra, Yogi and Aswandi, Aswandi and M.Si., Dr. Dra. Hj. Ir. Arzita (2022) PENGARUH VARIASI WAKTU ALIRAN NUTRISI PADA SISTEM HIDROPONIK DFT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI YOGI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
halaman Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (55kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pakcoy (Brassica Rapa L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi. Pakcoy merupakan tanaman sayur golongan sawi-sawian yang banyak digemari penduduk Indonesia, karena memiliki rasa yang enak dan kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan cairan dakam tubuh. Salah satu cara pembudidayaan pakcoy dapat menggunakan teknologi hidroponik yang memanfaatkan air untuk menyalurkan nutrisi pada tanaman. Salah satu jenis hidroponik yang biasa digunakan adalah hidroponik sistem DFT. Sistem DFT sistem bertanam dengan pengaliran air nutrisi yang cukup sedikit dan memiliki pengaerasian yang baik dan disertai adanya celah udara yang menyediakan oksigen untuk tanaman, dengan pengaliran air nutrisi yang dibantu oleh pompa air. Variasi waktu pengairan diterapkan pada sistem DFT agar penggunaan listrik dan konsumsi air nutrisi dapat di kontrol, dimana konsumsi listrik dan konsumsi air nutrisi sangat dipengaruhi seberapa seringnya pengairan dilakuakan pada sistem DFT ini. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 6 kali pengulangan setiap pengulangan terdapat 3 sampel tanaman, sehingga didapat 18 satuan percobaan. Parameter penelitian terdiri dari konsumsi listrik (Rp), konsumsi air nutrisi (L), suhu greenhouse (C), tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), berat brangkas utuh pakcoy (g), berat brangkas atas (g), luas daun (cm2), harga jual pakcoy (Rp) dan keuntungan bersih penjualan (Rp). Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan nyala pompa 15 menit ~ mati 50 menit, dengan nilai tinggi tanaman 29,03 cm, jumlah daun 21,67 helai, berat brangkas utuh pakcoy 192 g, berat brangkas atas 173 g, luas daun 126,538 cm2, konsumsi listrik Rp. 2.650, konsumsi air nutrisi 62,890 L, nilai jual Rp. 93.631,2 dan keuntungan Rp. 53.541,2.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pakcoy, Variasi Waktu Pengairan, Hidroponik Sistem DFT.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:14
Last Modified: 13 Jan 2023 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44173

Actions (login required)

View Item View Item