Pengembangan Critical Thinking Assessment dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas IX MTsS Laboratorium Kota Jambi

Angriyani, Anggi (2022) Pengembangan Critical Thinking Assessment dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas IX MTsS Laboratorium Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(SKRIPSI) Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (21MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB V Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Anggi Angriyani_A1C218033.pdf

Download (145kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya kemampuan untuk memecahkan masalah matematika siswa kelas IX MTsS Laboratorium Kota Jambi karena assessment yang digunakan belum mampu mengukur kemampuan berpikir kritis, dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan critical thinking assessment dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model PLOMP. Pada penelitian ini dibatasi hanya melalui tahapan investigasi awal; desain; realisasi; tes, evaluasi dan revisi. Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas IX E MTsS Laboratorium Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu critical thinking assessment dalam pemecahan masalah matematika yang memuat kisi-kisi, soal yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari, kunci jawaban, dan rubrik penilaian berpikir kritis matematika. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar observasi, angket respon pendidik, angket respon peserta didik dan instrumen tes critical thinking assessment dalam pemecahan masalah matematika. hasil validasi ahli di analisis menggunakan V’Aiken. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata indeks V’Aiken adalah 0,75 dengan kriteria baik, hasil validitas empirik butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Serta Critical thinking assessment ini juga telah diuji kepraktisannya dan dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor angket respon pendidik pada uji coba perorangan sebesar 98% tergolong dalam kriteria sangat praktis, dan rata-rata skor angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 95,24% tergolong dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa critical thinking assessment dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang telah dikembangkan layak digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan critical thinking assessment dengan inovasi lebih baik dengan materi dan kelas-kelas yang lainnya

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Critical thinking assessment, pemecahan masalah matematika, sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANGRIYANI
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:40
Last Modified: 17 Jan 2023 04:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44174

Actions (login required)

View Item View Item