PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Pangastuti, Sonia PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS I SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS I SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (422kB)

Abstract

ABSTRAK Pangastuti, Sonia. 2018. Pengembangan Media Papan Flanel Berbasis Lingkungan Pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah di Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Media, Papan Flanel, Penjumlahan dan Pengurangan Media pembelajaran merupakan suatu perantara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan konsep pembelajaran. Media memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru dan siswa mencapain tujuan pembelajaran yang diharapakan. Penggunaan media dapat menarik perhatian siswa saat belajar. Karakteristik siswa sekolah dasar yaitu senang bermain, menyukai benda yang nyata dan menarik, senang melakukan sesuatu secara langsung. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan menciptakan media yang menarik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, validitas, kepraktisan dan keefektifan media papan flanel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi media dan validasi materi. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan wawancara siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi oleh validator media diperoleh skor Rerata 4.00 maka media termasuk dalam kategori “valid” dan. tingkat validasi materi diperoleh rerata yaitu 4,54 maka materi termasuk kategori “sangat valid”. Kepraktisan media dari respon guru diperoleh hasil 4,00 yang berarti media “sangat praktis”. Selain itu, hasil yang positif dari hasil wawancara terhadap siswa, media menarik dan membuat siswa senang dalam mengikuti pembelajaran.. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media dengan peningkatan dari hasil pretest dan postest adalah 0.60, maka media dinyatakan efektif dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media papan flanel berbasis lingkungan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas I sekolah dasar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SONIA PANGASTUTI
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:33
Last Modified: 05 Jun 2018 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item