RAHAYU AZANI, SRY (2022) PENGARUH KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Azani, Sry Rahayu. 2022. “Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I : Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I, Pembimbing II : Dra. Kasmiati, M.Pd. Kata kunci:kirigami, kemampuan motorik halus Adanya permasalahan terkait perkembangan motorik halus anak yang kurang berkembang,terlihat pada proses pembelajaran berlangsung guru meminta anak untuk melakukan kegiatan menggunting, menggambar sesuai pola, menempel gambar, melipat kertas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kirigami berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi?. Tujuan penelitain ini untuk mengetahui pengaruh kirigami terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi Jenis penelitin yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan tipe penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini semua anak kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi dengan jumlah populasi 74 anak, Sampel penelitian ini anak kelempok B2 yang berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian tentang kemampuan motorik halus anak melalui kirigami dapat disimpulkan bahwa kirigami tersebut sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan motorik halus anak, karena kegitan kirigami dapat meningkatkan konsentrasi anak saat mengikuti instruksi langkah demi langkah, sehingga mengembangkan kognitif, kemandirian serta bakat anak dalam seni. Hal ini terbukti dari hasil nilai sig (0,001) <(0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motorik halus anak antara saat pre-test dan saat post-test.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kirigami, kemampuan motorik halus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | AZANI |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |