PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)

BESTARI, NYAMI (2022) PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (654kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Bestari, Nyami. (2022). Penggunaan Youtube Sebagai Bentuk Media Pembelajaran (Studi Kasus Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi). Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Dr. Drs. H. Firman, M.Si. (II) Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M. M. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Penggunaan Youtube Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk Penggunaan Youtube, respon berupa penerimaan dan pemahaman mahasiswa, mengetahui kendala, dan mencari serta mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi kendala Youtube yang digunakan Sebagai Bentuk Media Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah ketua program studi dan Jurusan Ilmu Pendidikan, dosen, dan mahasiswa Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis reduksi, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Selanjutnya menggunakan Triangulasi untuk teknik menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, berbagai bentuk atau strategi penggunaan yang ditemukan yaitu dosen membuat konten video pembelajaran yang kemudian membagikan link video pembelajaran tersebut ke mahasiswa, dosen menugaskan mahasiswa membuat konten dari suatu materi pembahasan yang nantinya konten tersebut akan dibahas pada saat tatap muka di kelas. Penggunaan media pembelajaran ini terbukti bisa diterima dan direspon dengan cukup baik oleh mahasiswa. Selanjutnya kendala yang dialami yaitu aturan-aturan dalam produksi video, dosen dan mahasiswa yang tidak terlalu mahir dalam IT, copyright dan waktu edit, dapat menimbulkan bosan, interaksi terbatas, stabilitas listrik, kurang efektif, dan jaringan internet. Solusi yang ditemukan yaitu membuat tim teaching, penugasan mahasiswa, penggunaan Youtube short, menambahkan ilustrasi yang menarik, melakukan pembahasan mataeri kembali saat tatap muka di kelas, mencoba fitur live streaming, dan untuk memastikan berada di lokasi yang mudah akses jaringan internet.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penggunaan Youtube
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: BESTARI
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:40
Last Modified: 30 Jan 2023 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44246

Actions (login required)

View Item View Item